Pembahasan Ketujuh – Menerangkan Tentang Lafadz Muthlaq dan Muqoyyad
المطلق : ما دلّ على الماهية بلا قيد من قيودها
Muthlaq adalah mengambil pengertian dari lafadz yang menunjukkan hakikat dan tidak ada yang mengikat (bebas).
الْمقيّد : ما دلّ على الْماهية بقيد من قيودها
Muqoyyad adalah mengambil pengertian dari lafadz yang menunjukkan hakikat dengan beberapa ikatan.
واعلم أنّ الخطاب إذا ورد مطلقا يبقى على إطلاقه، وإن ورد مقيّدا يبقى على تقييده. وإن ورد مطلقا في موضع ومقيّدا في موضع آخر يحمل المطلق على المقيد كالرقبة قيدت بالإيمان في بعض المواضع كما في كفارة القتل في قوله تعالى : ((فَتَحْرِيْرُ رَقَبَةٍ مُؤْمِنَةٍ )) النساء : 92، وأطلقت في البعض كما في كفارة الظهر في قوله تعالى : (( فَتَحْرِيْرُ رَقَبَةٍ )) المجادلة : 3
Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya khitab (petuah) itu jika datang secara mutlak maka akan tetap kemutlakannya, dan jika datang secara muqoyyad maka akan tetap pula kemuqoyyadannya, dan apabila datang dengan muthlaq pada satu tempat dan muqoyyad di tempat yang lain, maka akan menjadi muqoyyad seperti dalam keterangan memerdekakan hamba sahaya perempuan yang dimuqoyyadi dengan mukminah, pada sebagian hukum di antaranya pada kafarat membunuh yang termaktub dalam Al-Qurán : “… Maka hendaklah ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman …”. (QS. An-Nisa’: 92), dan contoh lafadz muthlaq yaitu terdapat pada Al-Qurán dalam menjelaskan masalah zihar : “… Maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak …”. (QS. Al-Mujadalah : 30)
Post a Comment
Post a Comment