المبحث الثامن – في المنطوق والمفهوم
Pembahasan Kedelapan – Menerangkan Tentang Lafadz Manthuq dan Mafhum
فالمنطوق : مَا دَلَّ عَلَيْهِ اللَّفْظُ فِيْ مَحَلِّ النُّطْقِ
Manthuq adalah mengambil pengertian dari lafadz yang
diucapkan (dituliskan).
والمفهوم : مَا دَلَّ عَلَيْهِ اللَّفْظُ لَا فِيْ مَحَلِّ النُّطْقِ
Mafhum adalah mengambil pengertian dari lafadz yang tidak
diucapkan (yang tidak dituliskan).
وَالمنطوق ينقسم إلى قسمين
Manthuq terbagi menjadi dua :
الأوّل : مالا يحتمل التأويل، ويسمى النّصّ، كقوله تعالى : ((
فَصِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ )) البقرة : 196
Pertama : yang tidak membutuhkan ta’wil (interprestasi) dan
disebut nash, misalnya pada ayat : “… maka wajib berpuasa 3 hari …” (QS.
Al-Baqarah : 196).
والثّاني: مَا يَحْتَمِلُ التّأويل، ويسمى الظّاهر، كقوله تعالى : ((
وَالسَّمَآءَ بَنَيْنَاهَا بِأَيْدٍ وَإِنَّا لَمُوْسِعُوْنَ )) الذريات : 47،
ظاهره جمع يد وذاك مُحال في حق الله تعالى فصرف إلى معنى القوّة
Kedua : Yang membutuhkan ta’wil (interpretasi) dan disebut
Zhahir, misalnya pada firman Allah taála : “Dan langit itu kami bangun dengan
kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa.” (QS. Az-Zariyaat
: 47).
Asalnya lafadz aydin أَيْدٍ
adalah jama’ lafadz يَدٍ bermakna tangan.,
karena mustahil bagi Allah mempunyai tangan maka ditakwil menjadi makna
kekuatan/kekuasaan.
والمفهوم أيضا ينقسم إلى قسمين
Sedangkan Mafhum terbagi menjadi dua bagian :
مفهوم الموافقة : وهو ما كان المسكوت عنه موافقا للمنطوق به كمنع ضرب
الأبوين المفهوم من قوله تعالى : (( فَلَا تَقُلْ لَّهُمَا أفٍّ وَلَا تَنْهَرْ
هُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا )) الإسراء : 23، وكمنع إحراق مال اليتامى
من قوله تعالى : ((إِنَّ الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ أَمْوَالَ الْيَتَامَى ظُلْمًا
إِنَّمَا يَأْكُلُوْنَ فِيْ بُطُوْنِهِمْ نَارًا )) النساء: 10
Mafhum Muwafaqoh adalah pemahaman yang diambil sesuai dengan
yang diucapkan (tertulis). Misalnya : tentang larangan memukul kedua orang tua,
yang dapat dipahami dari firman Allah Swt. : “…Maka sekali-kali janganlah kamu
mengatakan kepada keduanya perkataan -ah- dan janganlah kamu membentak keduanya
dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra :23) dan
larangan membakar harta anak yatim yang terdapat pada firman Allah Swt.:
“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim,
sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya.”(QS. An-Nisa : 10).
ومفهوم الْمخالفة : وهو ما كان المسكوت عنه مخالفا للمنطوق به، كعدم
وجوب الزكاة على الْمألوفة المفهوم من قوله صلّى الله عليه وسلّم : فِيْ سَائِمَةِ
الغَنَمِ زَكَاةٌ. رواه الشافعي
Mafhum Mukholafah adalah pemahaman yang diambil berlawanan
dengan yang diucapkan (ditulis). Misalnya : tentang tidak wajib zakatnya
hewan-hewan yang dipelihara, diambil dari mafhum mukholafah hadits Nabi Saw.:
“Untuk kambing yang dilepas bebas itu wajib zakat.” (Hr. Asy-Syafii)
وعدم الحجّ في غير أَشهر معلومات. قال تعالى : (( الْحَجُّ أَشْهُرٌ
مَعْلُوْمَاتٌ )) البقرة : 197
Dan tentang tidak bolehnya melakukan ibadah haji selain
bulan-bulan yang telah ditentukan, diambil dari mafhum mukholafah firman Allah
Swt. : “Musim haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi …”(QS. Al-Baqarah :
197).
وجواز البيع يوم الجمعة إذا لم يؤذن مؤذن. قال تعالى : (( إِذَا نُوْدِيَ
لِلصَّلَاةِ مِنْ يَومِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللهِ وَذَرُوْا
الْبَيْعَ )) الجمعة : 9
Dan juga tentang bolehnya berjualan pada hari Jumát sebelum adzan Jumát berkumandang, dari mafhum mukholafahnya firman Allah Swt.: “ … Apabila diseru untuk menunaikan sholat Jumát, maka bergegaslah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli …”. (QS. Al-Jumuáh: 9).
Post a Comment
Post a Comment