الأحكام
Hukum-Hukum
والأحكام تسعة : الواجب، والمندوب، والمباح، والحرام، والمكروه، والصحيح، والباطل، والرخصة، والعزِيمة
Hukum-hukum itu ada 9 : wajib, sunnah, mubah, haram, makruh, sah, batal, rukhshah, dan ázimah.
فالواجب: ما يثاب على فعله ويعاقب على تركه كالصلوات وصوم رمضان
Wajib adalah sesuatu yang diberi pahala jika dikerjakan dan diberi siksa jika meninggalkannya seperti sholat dan puasa Ramadhan.
المندوب : ما يثاب على فعله ولا يعاقب على تركه كتحية المسجد
Mandub (sunnah) adalah sesuatu yang diberi pahala jika dikerjakan, dan tidak disiksa jika meninggalkannya seperti sholat tahiyatul masjid.
الحرام : ما يثاب على تركه ويعاقب على فعله كالربا وفعل المفسدة
Haram adalah sesuatu yang diberi pahala jika ditinggalkan dan disiksa jika dikerjakan seperti riba’ dan melakukan perbuatan buruk.
المكروه : ما يثاب على تركه ولا يعاقب على فعله كتقديم اليسرى على اليمنى في الوضوء
Makruh adalah sesuatu yang diberi pahala jika ditinggalkan dan tidak disiksa jika dikerjakan seperti mendahulukan yang kiri atas yang kanan dalam berwudhu.
المباح : ما لا يثاب على فعله ولا يعاقب على تركه كالنوم في النهار
Mubah adalah sesuatu yang tidak ada pahala jika dikerjakan dan tidak berdosa jika ditinggalkan seperti tidur di siang hari.
الصحيح : ما يجتمع فيه الركن والشرط
Sah adalah sesuatu yang mencakup di dalamnya rukun dan syarat.
الباطل : ما لا يجتمع فيه الركن والشرط
Batal adalah sesuatu yang tidak mencakup di dalamnya rukun dan syarat.
الركن : ما يتوقف عليه صحة الشيء وكان جزء منه كغسل الوجه للوضوء وتكبيرة الإحرام للصلاة
Rukun adalah sesuatu yang menentukan sahnya (suatu amal perbuatan) dan termasuk bagian dari suatu perbuatan itu, misalnya : membasuh muka ketika wudhu dan takbirotul ihram ketika sholat.
الشرط : ما يتوقف عليه صحة الشيء وليس منه كماء مطلق للوضوء وستر العورة للصلاة
Syarat adalah sesuatu yang menentukan sahnya (suatu amal perbuatan) namun bukan termasuk dalam bagian dari suatu perbuatan tersebut, misalnya : menggunakan air mutlak untuk syarat berwudhu dan menutup aurat untuk sholat.
الرخصة : هي الحكم الذي يتغير من صعوبة إلى سهولة مع قيام سبب الحكم الأصلي كجواز الفطر للمسافر لا يجهده الصوم وأكل الميتة للمضطر
Rukhshah adalah Hukum yang berubah dari yang sulit menjadi mudah, diiringi dengan adanya sebab hukum asal, misalnya : diperbolehkannya berbuka puasa bagi musafir jika puasa itu menyebabkan kesulitan / kepayahan bagi musafir, dan diperbolehkan memakan bangkai bagi orang yang dalam keadaan darurat.
العزيمة : هي الحكم الذي كوجوب الصلوات الخمس وحرمة أكل الميتة لغير المضطر
Ázimah adalah hukum asal, misalnya: wajibnya sholat lima waktu, diharamkannya memakan bangkai selain orang yang dalam keadaan darurat atau terpaksa.
ويتعلق بأصول الفقه مباحث
Dan beberapa Pembahasan yang berhubungan dengan ushul fiqh :
Post a Comment
Post a Comment